:: Website SJB ::

Penyuluhan Petani Strategi Jangka Benah di Desa Karang Sari dan Persiapan pembangunan bantuan KBD dari BPDASHL Kahayan di Karang Sari



02 Oktober 2020 admin 07:59:15

Penyuluhan ini merupakan kerjasama dari Tim Strategi Jangka Benah, Kepala Desa Karang Sari, dan KPHP Menteng Selir (2/10/2020). Dalam penyuluhan ini Rahmadi (KPH Menteng Selir) menyampaikan bahwa keterlanjuran sawit di kawasan hutan membutuhkan perhatian yang serius, dan beliau juga mengatakan hal-hal mendasar mengapa jangka benah dianjurkan untuk dilakukan dalam perhutanan sosial, serta peningkatan ekonomi dari penerapan SJB. Dalam kesempatan ini, Rahmadi juga menjelaskan Kembali definisi dan tujuan dari perhutanan sosial. Penyuluhan ini dilaksanakan untuk memperluas implementasi SJB di Desa Karang Sari dan memantapkan kembali program yang akan diadopsi petani sawit yang terlanjur berada di dalam kawasan hutan. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak dirugikan secara finansial dalam sekejap, namun aspek lingkungan juga terimprove fungsi kawasannya. Saat ini terdapat 35 ijin perhutanan sosial di area pangkuan KPH Menteng Selir.  Penyuluhan yang diadakan di aula Desa Karang Sari ini dihadiri oleh 20 petani. Pertemuan terbatas ini diselenggarakan dengan tetap mematuhi protocol Covid-19 yang diajurkan pemerintah.

Selain KPH Menteng Selir, turut hadir dalam penyuluhan ini adalah Siti Maemunah (Perwakilan Tim Strategi Jangka Benah), dan Husni Thamberin (Kepala Desa Karang Sari). Tim SJB UGM yang diwakili oleh Siti Maemunah menyampaikan tentang pola tanam dan pembagian bibit sengon ke petani untuk ditanam di lahan garapannya. Jenis sengon dipilih karena jenis ini merupakan jenis fast growing dan cukup dimintai oleh petani. Desa Karang Sari adalah desa yang mendapatkan bantuan KBD dari BPDASHL Kahayan. Saat ini Desa Karang Sari telah menerima bantuan KBD yang selanjutnya akan dibangun sarana prasarananya. Koordinator petani yang mengurusi pembanguan KBD di Desa Karang Sari (Widodo), mengupdate informasi bahwa persiapan pembangunan sudah diawali dengan pembersihan lahan, yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan pemasangan pompa, paranet, beserta kelengkapan instalasi persemaian. KBD di Desa Karang Sari akan menerima bibit dari BPDASHL Kahayan yang kemudian akan dipelihara hingga masa tanam di Demplot SJB Karang Sari.


Dokumentasi Kegiatan