:: Website SJB ::

Sosialisasi SJB di Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat



26 Februari 2020 admin 15:56:00

Pada tanggal 26 Februari 2020, tim SJB yang diwakili Fiqri Ardyansah dan Siti Maemunah melakukan sosialiasi SJB di Aula Kecamatan Arut Utara, Kab. Kotawaringin Barat (Kobar). Acara yang dibuka oleh ibu Anita dari KPHP Kotawaringin Barat ini diikuti oleh kuranglebih 18 orang dari perwakilan berbagai Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan KPHP Kobar antara lain KTH Rimba Arut Permai, KTH Rimba Arut Sejahtera, dan KTH Rimba Arut Berkah. Selain dari perwakilan KTH, acara juga diikuti oleh perwakilan LSM Teropong, Fair Venture, dan pengurus desa Pangkut.

Pada kesempatan tersebut, tim SJB memberikan penjelasan mengenai konsep SJB dan rencana pembangunan demplot SJB di Kelurahan Pangkut. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang difasilitasi oleh 2 fasilitator SJB, Muhammad Tafrichan dan Tedy Permana.

Hasil dari diskusi menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias dengan program SJB dan mendukung pembangunan demplot SJB di Kelurahan Pangkut. Bahkan, perwakilan KTH mengusulkan bahwa implementasi SJB perlu dilaksanakan lebih luas, tidak hanya pada skala demplot. Beberapa peserta memiliki ketertarikan untuk membentuk pola agroforestri sawit dengan tanaman MPTS seperti cengkeh, pete, dan jengkol. Selain itu, dari pihak Kelurahan Pangkut yang diwakili oleh sekretaris lurah menyampaian bahwa pihak kelurahan mendukung dan siap membantu keberlangsungan Demplot SJB di Pangkut. Senada dengan hal tersebut, bapak Camat Arut Utara juga mendukung pembangunan Demplot SJB, dan bersedia mendukung pengurusan administrasi yang mungkin dibutuhkan dalam kegiatan SJB.


Dokumentasi Kegiatan