:: Website SJB ::

Tim SJB dan KPHP Kotawaringin Barat Sepakat Membangun Demplot SJB



18 Maret 2020 admin 11:17:37

Pada hari rabu 18 Maret 2020 ditengah maraknya pandemi Covid-19, tim SJB yang diwakili Dwiko Budi Permadi, Slamet Riyanto, dan Siti Maemunah, mengadakan rapat dengan KPHP Kotawaringing Barat (Kobar) terkait rencana pembangunan demplot SJB. Diskusi yang berlangsung cair tersebut menghasilkan beberapa kesepatan, antara lain bahwa perlunya dibangun demplot SJB di wilayah KPHP Kobar. Sesuai hasil survey sebelumnya, disepakati ada 2 lokasi di wilayah KPHP Kobar yaitu di Hutan Desa dan Hutan Tanaman Rakyat Rimba Arut Berkah yg akan dibangun sebagai demplot SJB karena sudah jelas izin Perhutanan Sosialnya. Selain itu disepakati bahwa perlunya penyamaan visi dari berbagai pihak mengenai konsep SJB. SJB tidak bsa hanya berhenti di teknik menanam saja, namun juga perlu menyiapkan kelembagaannya dan juga pemasaran produknya.

Pada kesempatan tersebut, Dwiko menyampaikan bahwa pendanaan SJB perlu menjadi perhatian bersama. Dalam hal ini, dukungan swasta atau pihak lain dalam pelaksanaan SJB menjadi sangat penting. Sebagai contoh, proses pembukaan lahan di demplot Karang Sari dilakukan dengan dana CSR dari PT Swadaya Sapta Putra (SSP). Diharapkan pula demplot di Kobar ini dapat menggandeng pihak swasta lain yang cukup banyak jumlahnya di Kobar.

Sebagai tindak lanjut, disepakati bahwa perlu ada tinjauan lapangan lagi di calon lokasi demplot SJB bersama dengan KPHP. Tinjauan lapangan akan dilakukan setelah kondisi pandemi Covid-19 berakhir.


Dokumentasi Kegiatan