:: Website SJB ::

Webinar Strategi Jangka Benah (SJB) Seri #1 “Memahami Strategi Jangka Benah Sebagai Solusi Kebun Sawit Rakyat di Dalam Kawasan Hutan”



04 September 2020 admin 00:56:55

Tim Strategi Jangka Benah (SJB) Fakultas Kehutanan UGM menyelenggarakan webinar seri #1 dengan Topik “Memahami Strategi Jangka Benah Sebagai Solusi Kebun Sawit Rakyat di Dalam Kawasan Hutan” pada hari Jumat, 4 September 2020. Host Webinar ini adalah Dr. Dwiko Budi Permadi (Ketua Penyelenggara Webinar), dan dipandu oleh Diah Y Suradiredja (Senior Advisor SPOS Indonesia) sebagai moderator. Narasumber yang hadir secara online dalam webinar ini diantaranya adalah Dr. Ir. Bambang Supriyanto (Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, KLHK), Anita Delina, M.Eng (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda di UPT KPHP Kotawaringin Barat), Dr. Hero Marhaento (Team Leader Strategi Jangka Benah), Ma’mun Murod (Ketua KTH Kasang Panjang, Desa Sungai Jernih, Kab. Tebo), dan Husni Tamberin (Kepala Desa Karangsari,  Kab. Kotawaringin Timur). Webinar ini dibuka oleh Dr. Budiadi selaku Dekan Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada. Webinar yang berlangsung selama 2,5 jam ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Webinar ini diselenggarakan melalui media platform zoom dan disiarkan live di channel youtube “jangka benah”.

Sebelum acara webinar berlangsung, peserta webinar disuguhkan video tentang strategi jangka benah sebagai pengantar acara. Dalam webinar ini, Dr. Ir. Bambang Supriyanto menyampaikan paparannya terkait dengan konsep implementasi perhutanan sosial agroforestry, skema penyelesaian sawit dalam kawasan hutan melalui PP 104/2015, dan persiapan implementasi jangka benah sebagai solusi sawit rakyat dalam kawasan hutan. Anita Delina M.Eng juga memaparkan bagaimana kondisi sawit rakyat dalam kawasan hutan di wilayah pangkuan KPHP Kotawaringin Barat yang kemudian diintroduksikan SJB sebagai solusi penyelesaiannya. Pada sesi ketiga webinar, Dr. Hero memaparkan secara lengkap konsep “Strategi Jangka Benah” dan menayangkan contoh demplot pertanaman yang telah dibangun di Kalimantan Tengah dan Jambi. Saat ini, Tim SJB terus mengembangkan demplot SJB di Kalimantan Tengah dan Jambi. Pengembangan ini tidak hanya berfokus pada pembangunan demplot, tetapi juga penyiapan kelembagaan hingga tingkat tapak. Dalam kesempatan ini, Ma’mun Murod dan Husni Tamberin juga menyampaikan pengalaman yang dialami sebagai petani yang turut serta mendukung Strategi Jangka Benah dengan penerapan pola tanam sawit campur untuk menyelesaikan permasalahan sawit rakyat dalam kawasan hutan yang dimilikinya.  Webinar yang diikuti oleh hampir 350 peserta ini berlangsung interaktif, dan peserta sangat antusias terhadap pemaparan oleh para narasumber. Antusiasme peserta terlihat pada banyaknya pertanyaan yang diajukan  oleh peserta kepada seluruh narasumber. Rekaman kegiatan webinar ini dapat disimak pada youtube channel “jangka benah”.


Dokumentasi Kegiatan