(0274) 512102 jangkabenah@gmail.com

Distribusi Buku “Agroforestri Sawit: Mitos atau Fakta” untuk Peningkatan Kebermanfaatan

by | 17 Sep 2022 03:09:20

Buku “Agroforestri Sawit: Mitos atau Fakta” yang ditulis untuk merangkum perjalanan implementasi jangka benah oleh petani sawit rakyat di Indonesia nampaknya telah menarik perhatian berbagai pihak. Penulis buku menyadari itu dan memberikan buku secara gratis sebanyak 100 eksemplar kepada instansi pemerintah, institusi pendidikan, dan organisasi non profit. Distribusi ini diharapkan meningkatkan kebermanfaat atas produksi ilmu pengetahuan sehingga dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan Jangka Benah yang telah menjadi kewajiban bagi petani sawit rakyat dengan izin perhutanan sosial melalui pendampingan oleh berbagai pihak, salah satunya Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di berbagai wilayah.
Berdasarkan data pendistribusian buku, terdapat beberapa instansi pemerintah yang memiliki ketertarikan diantaranya Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL Wilayah Sumatera), Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK), Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kab, Madiun, BPSI LHK Manado, Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, KPH Way Terusan, KPHP Kotawaringin Barat, dan BPHP Wilayah X. Selain itu, buku ini juga diminati oleh institusi pendidikan diantaranya Pusat Studi Agraria IPB, Fakultas Pertanian Universitas Jember, Universitas Tadulako, FTIP UNPAD, Universitas Jambi, Fakultas Kehutanan USU, IPB University, Universitas Lampung, dan Universitas Lambung Mangkurat. Tidak hanya dua kelompok tersebut, permintaan buku yang berasal dari organisasi non profit pun tidak kalah banyak. Mereka diantaranya berasal dari Kaoem Telapak, Yayasan DAMAR, Perkumpulan Selaras Alam, Yayasan Belantara, Sumatran Orangutan Society, dan Yayasan Akar Banir.
Buku ini telah didistribusi sejak Rabu (14/09) dan sudah diterima oleh berbagai kelompok dari berbagai wilayah di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi akademisi untuk memperkaya ilmu pengetahuan serta menyebarkan informasi penyelesaian keterlanjuran kebun kelapa sawit didalam kawasan hutan. Bagi KPH sebagai pelaksana di tingkat tapak, buku ini memberikan informasi pendekatan kelembagaan yang dapat dilakukan oleh KPH kepada petani sawit rakyat secara individu maupun kolektif secara kelompok dalam pelaksanaan Jangka Benah.